Cicipi Ramen, Tahu, dan Serabinya yang Nikmat

Stoica.idCatering Sehat Jakarta. Lewat di Sumedang sungguh sayang kalau tidak mampir mencicipi hidangan yang ditawarkan rumah makan yang bertebaran di tiap pelosok kota. Banyak hidangan lezat dengan ciri khas yang tak bakal ditemukan di kota lain. Nah, inilah pilihan warung makan yang layak kunjung.

Serabi Mak Erat

Mampir di Sumedang juga bisa sembari mencicipi serabi. Tempat yang tepat adalah kedai Serabi Mak Erat. Ny Erat (67) mulai membuka warungnya pukul 02.00. Meski masih pagi buta, banyak orang sudah mengantre di warungnya. Tak usah heran, tungku dengan bahan bakar kayu ini memang bisa memanggil siapa saja. Kalau biasanya kedai serabi menawarkan beraneka ragam toping, serabi Mak Erat hanya menyediakan toping oncom serta oncom dan telur. Yang toping oncom punya dua rasa yaitu asin dan pedas.

Serabi bertoping telur dan oncom ini cukup unik. Telur kocok dituang langsung di atas serabi yang sudah diberi toping oncom. Serabi asin dan pedas ditawarkan dengan harga seribu rupiah, sedangkan serabi telur oncom Rp 3.000. Untuk mereka yang bersantap di tempat, disediakan sambal terasi sebagai teman bersantap. Peminat serabi Mak Erat cukup banyak. Mereka membeli untuk sajian sarapan di rumah. Karena peminat yang selalu melimpah, setiap hari ia harus mengolah serabi dari 15 kilogram tepung beras.

Saung Cibingbin 2

Orang Jawa Barat sangat terkenal dengan kemampuannya mengolah ikan bakar. Nah, mari kita kunjungi rumah makan asri yang menjual ikan bakar. Pilihannya ikan mas, nila, dan gurame. Ikan bakarnya berbalut bumbu kasar berwarna merah dengan rasa pedas dan aroma kencur yang dominan. Seekor ikan berukuran sedang dapat dinikmati tiga orang. Untuk mengetahui harganya, ikan harus ditimbang. Seratus gram ikan dipatok dengan harga Rp 10 ribu. Sebagai sajian pelangkapnya, pilih saja pencok kacang panjang.

Kacang panjangnya mentah langsung dicampur dengan bumbu ulek matang dari bawang dan kencur. Sepiring pencok kacang cukup dibayar Rp 8 ribu. Rumah makan milik Asep Mumin ini menawarkan menu lain yang tak kalah lezatnya seperti nasi timbel, oseng genjer, dan gurame asam manis. Rumah makan berusia 1 tahun ini, beroperasi dari pukul 10.00 – 21.00. Tak usah takut tak kebagian tempat. Ada 100 tempat duduk yang disediakan bagi kita. Selain di Kutamaya, rumah makan ini bisa Anda temukan juga di jalan Cibingbin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *