Banyak Mamil Kurang Mengonsumsi Omega-3

Riset yang dilakukan oleh pakar dari University of Alberta dan University of Calgary menemukan, masih banyak mamil yang kurang mengonsumsi omega-3 selama kehamilan dan pascapersalinan. Hasil riset yang dimuat di jurnal Applied Physiology, Nutrition, and Metabolism ini memaparkan, hanya sekitar 27% mamil selama kehamilan dan 25% mama pada tiga bulan pertama pasca persalinan yang mengonsumsi omega-3 sesuai rekomendasi ahli.

Padahal, omega-3 yang di dalamnya termasuk EPA, DPA, dan DHA ini diperlukan selama kehamilan untuk perkembangan janin dan plasenta, serta untuk perkembangan otak bayi baru lahir. Omega-3 banyak terdapat dalam ikan, rumput laut, dan pangan hasil laut lainnya.

Janin Cegukan apa bisa?

Bisa saja. Fenomena bayi cegukan saat masih berada dalam kandung an ini ternyata normal dan sering dirasakan banyak mamil, bahkan tertangkap saat pengamatan melalui USG. Janin mulai cegukan pada akhir trimester 1 atau awal trimester ke-2, meski mungkin Mama tidak bisa merasakannya.

Semakin besar, cegukan janin semakin terasa, seperti ada gerakan berirama di dalam perut, yang bisa terjadi beberapa kali sehari. Jika frekuensi cegukan ini sepertinya mulai berlebihan atau Mama merasakan ada perubahan dalam gerakan janin, sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *