Bikin Video Time Lapse Dengan Smartphone HTC Desire 616

Bikin Video Time Lapse Dengan Smartphone HTC Desire 616

Dengan menggunakan ponsel bersistem operasi Android, video time lapse yang unik bisa kita buat dengan mudah yang hasilnya dapat langsung di-share ke situs web media sosial. Video time lapse, kalau dibuat dengan benar, dapat jadi sesuatu yang unik karena Anda bisa melihat sesuatu yang sulit dilihat dengan mata telanjang. Misalnya, dengan mempercepat video 100 kali, Anda jadi bisa melihat “pergerakan” bintang di langit. Zaman dulu, bikin video seperti itu butuh peralatan spesial yang harganya tidak murah.

Sumber : Game Ppsspp

Kini, dengan satu gadget yang pasti kita bawa setiap hari plus sedikit aksesori tambahan, video time lapse sudah bisa dibuat. Gadget itu adalah smartphone. Beberapa smartphone harus diinstali aplikasi khusus. Di smartphone bersistem operasi Android, misalnya, beberapa aplikasi pembuat video time lapse, seperti Lapse It dan Framelapse, dapat diunduh gratis dari Google Play. Sementara itu, beberapa smartphone tidak perlu ditambahi aplikasi lagi untuk dapat membuat video time lapse karena fungsi itu sudah disematkan pada salah satu fi tur kamera. HTC Desire 616 dual sim adalah salah satu contoh smartphone seperti itu.

Video time lapse yang dihasilkan pun tidak sembarangan karena memiliki kualitas Full-HD. Apa pun smartphone dan aplikasi yang digunakan, hal terpenting ketika merekam video time lapse dengan smartphone adalah memastikan smartphone kokoh di tempat sepanjang proses pembuatan video. Berikut ini adalah beberapa tips yang membuat video time lapse Anda semakin keren. Pemilihan Lokasi Pastikan lokasi yang Anda pilih aksi—bisa langit berawan, lalu lintas, keramaian di stasiun, bunga yang Anda tahu akan mekar, dan lainnya.

Kalau Anda memilih lokasi yang terlalu statis dan tidak banyak aksi, video akan jadi kurang menarik. Peletakan Smartphone Sekali lagi, ini yang penting. Gerakan terlalu banyak—apalagi kalau smartphone sampai jatuh— bisa membuat video Anda gagal. Gunakan tripod atau penyangga lain, seperti aksesori yang bisa menempelkan smartphone di kaca. Letakkan di tempat yang tidak akan tersenggol. Kalau bisa, temani ponsel—apalagi kalau di tempat umum. Pengambilan Gambar Pada saat pengambilan gambar, Anda bisa mengatur interval antar-pengambilan gambar satu gambar setiap 1 detik, 2 detik, 5 detik, dan seterusnya.

Sebelumnya, perkirakan dulu durasi video fi nal. Kalau pendek, misalnya kurang dari 10 detik, Anda gunakan pengaturan satu gambar setiap 1 detik. Kalau video sangat panjang durasinya, Anda bisa menggunakan angka yang lebih besar. Tapi ingat, untuk durasi yang sangat lama, jangan lupa perhitungkan baterai smartphone Anda. Kalau semua sudah diatur, Anda hanya perlu menekan tombol perekam video. Di beberapa aplikasi, Anda bisa mengatur jadwal penghentian perekaman. Kalau tidak ada, Anda harus menghentikan rekaman secara manual. Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *