Personal Dan Fungsional Bagian 2

Sekarang, dengan posting di medsos, semua orang bisa melihat isi rumah. “Saat posting di Instagram, Pinterest, atau Facebook, orang pasti ingin menampilkan sesuatu yang lebih artistik, unik, tidak pasaran, dan memunculkan karakteristik,” ucap Daus.

Baca juga : https://rajawalindo.com/products/jual-genset-jakarta-2/

Di Desain Serba Fungsional

Walau mengusung desain personal, bukan berarti karya yang didesain tidak fungsional. “Saya lebih suka menyebutnya inofunction, gabungan dari kata inovation (inovasi) dan function (fungsi),” ucap Daus. Sebagus apapun bentuk yang dibuat harus memiliki fungsi. Apalagi, semakin ke sini, luas hunian semakin terbatas. “Kalau tidak ada fungsinya buat apa? Desain kan dibuat bukan sekadar gaya-gayaan,” ucap Rina. Nah, di tahun 2016 mendatang, desain yang fungsional akan menjadi pakem saat mendesain. Indikasi ini terlihat dari semakin kecilnya luas hunian (rumah atau apartemen) yang dijual pengembang.

Makin Sustainable

Sesuatu yang sustainable akan semakin digemari dan ngetren di tahun 2016 mendatang. Ini tidak terlepas dari kesadaran masyarakat akan isu lingkungan terkini. “Sustainable diwujudkan melalui sikap tidak menggunakan sumber daya tak terbarukan, meminimalisasi dampak terhadap lingkungan, serta berupaya menyatukan kembali manusia dengan lingkungan alaminya,” ucap Dina.

IKEA, salah satu retail perabot rumah tangga asal Swedia, memberikan contoh cantik pengaplikasian material sustainable pada interior. Material maupun konsep desain yang mereka usung selalu menomorsatukan gagasan fungsi dan keberlangsungan. Hal inilah yang coba diterapkan oleh desainer interior tanah air.

Menurut Rina, sustainable juga memiliki arti bijak menggunakan material dan manfaatkan material lokal yang dimiliki. “Material lokal Indonesia ini sangat kaya, lho. Jika diekplorasi, hasilnya tidak kalah dengan material buatan manusia,” ucapnya. Bahkan, dengan menggunakan material lokal juga akan memberi ciri dari karya desainer Indonesia secara keseluruhan.

“Apalagi di tahun 2016 ini kita dihadapkan pada Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Banyak desainer yang akan menggunakan pakem ini sebagai tren,” ucap Rina. Lantas, bagaimana jika desain yang personal, fungsional, dan sustainable ini dikaitkan dengan tren warna, motif, material, dan bentuk?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *